Cara Melindungi Flashdisk Kita Dengan Password

Senin, 16 Januari 2017


Sobat Technolocom pasti pada punya yang namanya alat penyimpanan portabel, Yaa Flashdisk namanya.si kecil satu ini memang jadi tempat andalan untuk mengirim, menerima dan menyimpan data yang bisa dibawa kemana saja. Tak heran, jika sebagian dari kamu menyimpan data-data penting di dalamnya. Nah, karena sifatnya yang portable ini, flashdisk dengan cepat berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Alhasil, data penting kamu disana bisa saja diintip atau dipakai untuk kepentingan mereka yang membawanya.

Pasti kamu gak mau kan data-data kamu disana diambil tanpa sepengetahuanmu? Kali ini WinPoin bakal memberi tips buat kamu untuk proteksi flashdisk kesayanganmu, yaitu dengan password. Tentunya, hanya kamu yang bisa membuka dan mengakses data-data di flashdisk. Ingin tahu caranya? Simak terus sampai ke bawah, ya?

1. Buka flashdisk, dan tambahkan folder baru dengan nama sesuai keinginanmu. Pindah data-data di flashdisk ke folder baru yang telah kamu buat. Dalam tutorial ini, Technolocom buat Folder dengan nama Test.



















2. Jika sudah, buka Command Prompt. Ketik drive letter flashdisk kamu lalu tekan enter. Selanjutnya, ketik attrib Test + s +h . Ganti Test sesuai nama folder kamu














3. Buka notepad, dan ketikkan perintah seperti gambar di bawah. Pada baris kedua (set pass), ganti password sesuai keinginan. Dan baris terakhir (start), isi dengan nama folder       yang telah dibuat.


















4. Simpan di flashdisk dengan tipe file .bat. Coba buka file tersebut. Berhasil?. Kini data kamu bisa terlindungi dengan file tersebut.
Eits, belum selesai sampai disitu. Bagaimana jika sesorang tahu password kamu dengan cara klik kanan > Edit? Ya, itu permasalahan yang harus dituntaskan. Oke, lanjut?


5. Download aplikasi konverter dari .bat ke .exe. Disini, Technolocom menggunakan aplikasi bernama Advaced Bat to Exe Converter yang bisa kamu download disini. Atau kamu juga punya aplikasi lain untuk mengkonversikannya. Oiya, hati-hati dalam mendownload aplikasi converter tersebut. Karena bisa jadi antivirus di komputer kamu bisa mendeteksinya sebagai virus. Jadi, pilih aplikasi yang aman menurut komputer kamu, ya?


6. Setelah download, buka aplikasi tersebut dan buka file .bat. Atau kamu juga bisa copy code yang ada di notepad.
















7. Pilih compile yang selanjutnya akan diarahkan ke dialog box baru dan pilih Build Exe.




















8. Kamu akan melihat pada flashdisk kamu yang terdapat file .exe. Sekarang, hapus file .bat. Sekarang, password kamu tidak bisa diintip lagi, deh!














Mudah, bukan?. Sekarang, data kamu akan aman dari tangan-tangan jahil dan mata pengintip. Jika kamu mempunyai tips lain, yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
@T2.02 Copyright © 2017. Computer And Technology.
Design by Kelompok 2 X TKJ 3 SMKN 1 Beringin